Pelaksanaan Seleksi Teruna Dara Kukar 2025 Dimulai

lintas1,id, KUTAI KARTANEGARA — Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuka tahapan seleksi wawancara ajang Pemilihan Teruna Dara 2025 di Ruang Serbaguna DPRD Kukar, Sabtu (14/6/2025). Pelaksanaan ini bekerja sama dengan Adwindo Kukar. Seleksi ini akan berlangsung selama beberapa bulan hingga puncaknya pada September mendatang, saat pengumuman pasangan Teruna Dara terpilih.

Plt Kepala Dispar Kukar, Arianto menegaskan bahwa ajang ini tidak semata-mata menjadi kegiatan seremonial tahunan, tetapi menjadi upaya strategis dalam memilih putra-putri terbaik daerah untuk berperan sebagai duta pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf), khususnya mendukung pelaku UMKM.

Bacaan Lainnya

“Saya ingin ajang ini tidak hanya jadi kegiatan seremonial, tapi menjadi sarana menjaring figur terbaik yang mampu menjadi duta pariwisata dan UMKM Kukar. Mereka harus bisa memberi edukasi, mengambil inisiatif, bahkan mendampingi proses pengembangan destinasi dan produk ekonomi kreatif kita,” jelasnya.

Arianto menambahkan bahwa tantangan dalam pengembangan sektor pariwisata tidak hanya pada potensi alam dan budaya, tetapi juga pada partisipasi masyarakat yang dinilai masih rendah. Oleh karena itu, inovasi dan kolaborasi menjadi kunci percepatan pembangunan sektor ini, termasuk melalui peran aktif Teruna Dara.

“Pariwisata ini kompleks, butuh kolaborasi banyak pihak. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang kurang peduli. Di sinilah peran Teruna Dara kami harapkan bisa mendorong kesadaran dan keterlibatan publik,” tambahnya.

Menjawab pertanyaan mengenai kriteria penilaian, Arianto menegaskan bahwa kecantikan atau ketampanan bukan satu-satunya faktor utama.

“Bukan soal tampan atau cantik saja. Mereka harus punya wawasan, kemampuan komunikasi, attitude yang baik, serta kecerdasan. Mereka akan menjadi role model di masyarakat, bukan hanya tampil menarik tapi juga membawa nilai,” tegasnya.

Tercatat sebanyak 70 peserta telah mendaftar dalam seleksi tahun ini. Saat ini Kukar memiliki sekitar 75 alumni Teruna Dara yang aktif, dan sebagian besar di antaranya telah berkontribusi dalam promosi pariwisata dan ekraf daerah.

Dispar Kukar juga mendorong peserta untuk melek teknologi dan aktif di media sosial sebagai bagian dari strategi promosi digital.

“Kami dorong mereka untuk mampu memanfaatkan media sosial. Promosi saat ini bukan hanya secara langsung, tapi juga digital. Media sosial menjadi saluran penting untuk menyampaikan informasi dan memperluas jangkauan promosi pariwisata Kukar,” tutup Arianto.(adv/diskominfokukar/ls1/mjb)

Pos terkait

Screenshot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *