Festival Literasi Nasional Lahirkan Para Penyala Generasi Emas Indonesia

 LINTAS1, SOLO – Tantangan masa pandemi yang telah melanda selama dua tahun ini, tentu telah mengubah banyak hal di kehidupan kita. Namun, hal itu tidak akan mengubah semangat Nyalanesia untuk ikut terlibat dalam misi mewujudkan Generasi Emas Indonesia di tahun 2045. Masa di mana Indonesia dicita-citakan memiliki bonus demografi yang berkompetensi global dan berkarakter nusantara.

Untuk mewujudkan mimpi melahirkan lebih banyak lagi guru dan siswa yang mampu menyalakan cita-cita Indonesia Emas, Nyalanesia senantiasa menjaga komitmen untuk membentuk ekosistem berkarya. Ekosistem di mana proses berkarya serta karya yang tercipta menjadi penting juga untuk diapresiasi, daripada capaian nilai dan peringkat semata. Dan cita-cita itu telah diwujudkan melalui program-program literasi Nyalanesia di tahun 2021 lalu yang telah diikuti lebih dari 1.300 sekolah yang menghasilkan lebih dari 576 website literasi; 110 karya video kreasi sastra lokal daerah kolaborasi guru dan siswa; serta 162.118 karya tulis guru dan siswa.

Keberanian sekolah-sekolah mitra program Nyalanesia untuk berkarya itulah yang diapresiasi oleh Nyalanesia dalam gelaran Puncak Acara Festival Literasi Nasional 2022 (FLN 2022).

Festival Literasi Nasional merupakan acara yang menjadi puncak pertemuan, pembelajaran, perayaan, dan penganugerahan, atas setiap program-program literasi yang diselenggarakan oleh Nyalanesia sepanjang tahunnya. Melalui acara ini, Nyalanesia menciptakan ruang yang mempertemukan pegiat literasi dan pendidikan di seluruh Indonesia untuk berbagi inspirasi dan suka cita bersama, sekaligus menganugerahkan ribuan penghargaan dan total hadiah ratusan juta rupiah. Puncak Acara Festival Literasi Nasional di tahun keenam ini berpotensi disaksikan oleh ratusan ribu siswa dan guru dari seluruh wilayah Indonesia.

Walaupun mengusung misi serius, namun suasana Festival Literasi Nasional tak pernah jauh dari suasana kekinian dan suka cita. “Hadirnya Festival Literasi Nasional merupakan sebuah penegasan bahwa, berliterasi tidak melulu perihal membaca buku-buku di sudut kamar yang remang dan menjemukan. Tetapi juga, sebuah gemerlap perayaan, atas karya, gairah, dan kebersamaan,” ujar Lenang Manggala, Founder Nyalanesia.

Puncak Acara Festival Literasi Nasional 2022 akan diselenggarakan secara daring pada hari Rabu, 23 Maret 2022 dengan dua rangkaian acara utama yaitu, NyalaTalks dan Malam Penghargaan. Mengusung tema Para Penyala Generasi Emas Indonesia, Nyalanesia berharap dapat menciptakan diskursus yang penting nan seru dalam sesi NyalaTalks pada pukul 09.00-12.00 WIB dengan mengundang dua keynote speakers inspiratif, yaitu Henry Manampiring (Penulis Buku Filosofi Teras) dan Helmy Yahya (Public Figur sekaligus Entrepreneur). Kemudian untuk mengapresiasi ribuan siswa dan guru yang telah berani berkarya, Festival Literasi Nasional 2022 akan memasuki sesi Malam Penghargaan pada pukul 18.30-21.00. Di mana proses berkarya siswa-siswi dan guru akan diceritakan, karya-karya tulisan maupun audio-visual terbaik ditampilkan, ratusan buku akan diluncurkan, serta Para Pengkarya yang menjadi juara akan diumumkan.

Keragaman karya yang diapresiasi menjadi salah satu wujud nyata Nyalanesia melalui Festival Literasi Nasional untuk mendorong kompetensi kreatif yang diperlukan generasi mendatang. “Karya-karya dari kreativitas terbaik generasi muda Indonesia akan terus bermunculan setiap tahunnya. Program-program Nyalanesia adalah wadah untuk mengaktualisasikannya dan Festival Literasi Nasional hadir untuk mewujudkan apresiasi atas aneka karya kreatif tersebut. Karena Nyalanesia percaya, kreativitas akan terus berkembang dan matang seiring dengan kemajuan zaman dan lingkungan di sekitar kita,“ ujar Antonius Raditya Pramono, Ketua Pelaksana Festival Literasi Nasional 2022.

Pada tahun 2022, Nyalanesia juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Surakarta dalam penyelenggaraan Festival Literasi Nasional 2022. Aneka kolaborasi tercipta atas kesamaan visi Kota Surakarta dengan Nyalanesia tentang pentingnya mewujudkan wacana “Solo Kota Literasi Dunia.” Selain digandeng menjadi mitra Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta untuk menyelenggarakan konvoi bemo dan mobil pustaka pada tanggal 13 Februari 2022 lalu, Puncak Acara Festival Literasi Nasional juga akan ditayangkan melalui akun Instagram, Facebook, dan Youtube Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta.

Tak hanya Pemerintah Kota Solo, dukungan untuk Puncak Acara Festival Literasi Nasional 2022 pun datang dari berbagai elemen pemerintahan. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd serta Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. juga akan hadir untuk memberikan sambutan dan dukungan langsung dalam Puncak Acara Festival Literasi Nasional 2022.

Puncak Acara Festival Literasi Nasional 2022 bisa disaksikan melalui kanal YouTube Nyalanesia pada tanggal 23 Maret 2022. Informasi lengkap mengenai Festival Literasi Nasional 2022 dapat diikuti melalui www.festivalliterasinasional.com dan akun instagram @nyalanesia(*/ret)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *