5 Tempat Makan Ini Wajib Disambangi Saat ke Solo

LINTAS1,  SOLO – Solo dikenal sebagai destinasi kuliner papan atas dinegeri ini setelah Kota Kembang Bandung, jadi gak salah kalau pas anda lagi di Kota Solo wajib mengunjungi tempat makan yang memang recommended.

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Solo memiliki berbagai kuliner lezat yang wajib dicoba. Wisata kuliner Solo selalu menjadi incaran para turis baik lokal maupun mancanegara. Apabila Anda berencana berkunjung ke Kota Solo berikut informasi daftar wisata kuliner Solo yang wajib dicoba.

Surakarta atau Solo memiliki berbagai keindahan alam, budaya, hingga wisata kuliner Solo yang khas. Kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang ini, merupakan surganya kuliner lezat.

Tak heran bila banyak wisatawan mancanegara maupun domestik ramai-ramai berkunjung ke Solo. Tak hanya para wisatawan, warga Solo pun juga sangat menikmati wisata kuliner Solo hingga rela antri panjang dan berlangganan.

Dari sekian banyak wisata kuliner Solo, ada yang sampai antri berhari-hari untuk dapat menyantap makanan tersebut. Selain itu, ada juga wisata kuliner Solo yang juga menjadi langganan favorit Presiden Joko Widodo jauh sebelum beliau menjabat Presiden Indonesia.

Menarik bukan? Hal itulah yang membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mencoba wisata kuliner Solo. Pasalnya makanan di Solo tak hanya lezat namun juga unik dan jarang ditemukan di tempat lain.

 

1. Dapur Solo Hj. Indrat – Edutorium UMS
Rumah Makan Dapur Solo Hj. Indrat sudah cukup lama berkiprah didunia kuliner, masakan yang ditawarkan semua masakan jawa dan disajikan ala prasmanan. Tiap hari ada tidak kurang dari 40 menu lauk dan sayur pilihan kesemuanya khas kota Solo dan Jawa Tengah. Dengan take-line Keagungan Citarasa Tradisi tidak salah bila rumah makan ini pernah mendapat award sebagai pelestari kuliner masakan jawa.


Menu-menu yang direkomendasikan buat anda diantaranya, Asem-asem Iga Sapi rasanya yang segar mantap ini tak ada duanya. Ada juga Ayam Klamut, ayam kampong yang dimasak dengan rempah bumbu komplit dan dipanggang diatas tembikar sehingga menimbulkan sensasi luar biasa. Ayam Klamut ini sangat digemari karena rasanya yang khas seperti ayam panggang untuk acara-acara selamatan di desa pada jaman dahulu.


Tengkleng Kambing, Brambang Asem, Sayur Tholo, Sayur Lombok dheso yang merupakan masakan khas legendary ada juga direst ini padahal sekarang makan-manan itu sudah mulai langka. Untuk harga masih sangat murah karena itu rumah makan ini selalu jadi rujukan banyak biro travel dan perjalanan selain masakan enak parkirnya juga luas

Lokasi ada di Jl. Adi Sucipto – Colomadu kurang lebih 500 meter sebelum Tugu Gapuro Makuto arah dari Bandara Solo.

 

2. Bakso Kadipolo Solo

Bakso Kadipolo sudah terkenal sejak tahun 1967, memang awalnya bermula dipinggir pasar Kadipolo Kota Solo, tetapi sekarang sudah tidak ditepi jalan lagi sudah menjadi sebuah resto dan salah satunya ada di tengah kota Solo tepatnya ada di Jl. Ronggowarsito 163, depan RS PKU Muhammadiyah, Kota Solo.

 

Semangkok Bakso Komplit harganya hanya 16 ribu saja, sudah ada mie 4 pentol bakso daging asli dan krupuk pangsit. Tapi yang paling banyak digemari adalah Bakso Balungan karena selain ada pentol bakso yang memang enak luar biasa ada tambahan balungan dengan daging/iga sapi tapi lebih populer dengan sebutan bakso balungan bagi masyarakat Kota Solo harganya juga relatif murah hanya 27 ribu dan teh manis hanya 3 ribu. Ini kelas resto tapi harganya masih merakyat jadi sering disebut juga resto kelas diplomat harga masih merakyat. Di Bakso Kadipolo juga ada musik keroncong live setiap harinya.

Tempatnya sangat pas buat makan bersama keluarga atau teman-teman ada juga arena lesehan. Dan di lantai 2 ada ruangan yang bisa berfungsi sebagai meeting hall dengan kapasitas sampai 100 orang. Dari Keraton Mangkunegaran Solo hanya sekitar 500 meter saja.

Karena enaknya bakso Kadipolo sampai melegenda, dan ada semacam pameo “belum ke Solo kalau belum ke Bakso Kadipolo Solo.” Pasti penasaran kan ? makanya kalau ke Solo wajib dicoba dan sangat lokasinya mudah dicari.

 

 

 

3. Ayam Goreng Kartini

Masakan ayam memang ada dimana-mana tapi masakan ayam goreng khas Kota Solo cuman ada di Ayam Goreng Kartini Solo. Ya rumah makan ayam goreng ini ada ditengah kota Solo tidak jauh dari Stadion Sriwedari stadion tempat penyelenggaraan PON Pertama di Solo. Dari Seiwedari tidak sampai 1 km ke arah selatan.

Ayam goreng Kartini Rasnya Khas banget, asin dan gurihya juga sangat pas dan mantap. Penyajiannya, ayam goreng kampung ini disandingkan dengan lalapan, sambel bawang khas Solo dan trancam (sayuran mentah dengan bumbu rempah kelapa parut). Tiap hari selalu ramai pengunjung, tak jarang rumah makan ini close lebih awal karena masakan ayamnya habis. Selain ayam goreng ada juga gurame asem manis, gurame saos padang. Kalau tidak suka lalapan atau sayur mentah bisa pesan ca kangkung dan sayur asem Betawi. Sebagai pelengkap lauk makan ada juga tahu goring dan tempe mendoan.

Sepotong ayam hanya dihargai 21 ribu sudah termasuk lalapan sambel dan terancamnya sedang gurame asem manis dan gurame saos padang dipatok dengan harga 56 ribu dan untuk gurame bisa jadi lauk makan berdua atau bertiga satu porsinya. Sup ikan patin semangkok hanya 14 ribu saja.

Di area resto Ayam Goreng Kartini Solo tergolong instagramable karena desain ruangammya yang didesign sedemikian menarik. Kapasitas ruangan besar dan parker juga luas. Ruangannya dan suasana restonya memang sangat asik buat makan dan ngumpul rame-rame jadi gak salah kalau banyak ibu-ibu suka buat acara di resto yang satu ini.

Lokasi resto ini ada di jalan Bayangkara 47, Panularan, Lawean, Surakarta disebelah selatan BLK Kota Solo.

 

 

 

4. Rumah Makan Kemuning

Di Solo sisi utara juga ada rumah makan yang juga ramai dikunjungi banyak penikmat kuliner, namanya Rumah Makan Kemuning. Tempat makan ini juga mengonsep masakan jawa ala prasmanan dan orang Solo bilang ‘pukwe’ – jupuk dewe alias ambil sendiri.


Aneka masakan jawa ada dirumah makan yang berlokasi di utara monument keris terminal Tirtonadi. Puluhan menu masakan jawa bisa dipilih disana, yang banyak digemari antara lain masakan khas Solo yaitu terik daging, semacam opoe daging sapi tapi kuahnya kental. Rasanya nikmat luar biasa. Aneka sayuran seperti masakan rumahan juga ada disana. Untuk harga juga masih terbilang murah tapi maskannya luar biasa enak.

Suasana resto juga nyaman dengan ornament serba hijau membuat sejuk mata memandang. Kalo ke Solo jangan dilewatkan

Lokasi tepatnya ada di Jl. Praon, Nusukan, Kec. Banjarsari, (Jl. Kapten P. Tendean) Solo

 

5. Rumah Makan Spesial Iga

Kalo pas di Solo pingin makan yang serba daging sapi para penikmat kuliner bisa juga mampir ke rumah makan ini. Aneka hidangan berbahan daging sapi tersaji disini. Mulai dari sop iga, tongseng iga, tengkleng daging sapi, sampai gongso babat atau usus juga ada.


Tempatnya nyaman, makan di rimah makan ini serasa makan dirumah sendiri karena memang didesign seperti itu. Lokasi yang ditengah perumahan membuat suanan serasa semakin enak.

Jangan lupa di rumah makan yang satu ini juga ada masakan iga bakar yang rasanya bisa menggoyang lidah penikmatnya. Kalau mau pesan nasi goring babat juga bisa.

Pokoknya tempat makan yang satu ini cocok buat makan bersama keluarga yang pingin menikmati makan bersama.

Lokasinya ada Jl. Kalingga III Banyuagung No.18, Kadipiro, Kec. Banjarsar, Kota Solo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.