SBF 2021: Luxury For The World

Walikota Solo dan Istri membatik Motif Solo Batik Fashion

LINTAS1, SOLO – Solo Batik Fashion 13 merupakan Acara Fashion Batik Terbesar di Indonesia yang mengangkat Batik Tulis sebagai materi utama dalam pembuatan karya busana fashion.

Solo sebagai sentral budaya dan tradisi di Indonesia memiliki kekuatan sejarah yang tinggi terhadap pengembangan dan pelestarian Batik Sebagai Peninggalan Adiluhung Bangsa sejak kraton Mataram Kuno sebagai ageman para raja dan lingkungan kraton di surakarta

“Dalam perjalananya yang ke 13, Solo Batik Fashion mengambil thema Luxury For The World, Kemewahan untuk dunia,” kata Owens Joe Ketua Umum SBF13, saat dihubungi Jumat (4/12/2021)

Indonesia memiliki kain tradisional yang sangat mewah, lanjut Owens Joe, dan hanya orang tertentu yang bisa membuatnya dikarenakan butuh waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit juga material bahan baku yang khusus serta melalui proses yang panjang berbulan-bulan dengan hasil yang sangat Istimewa.

Dalam pelaksanaan SBF 13 2021, yang di gelar selama 4 hari ini, diawali tanggal 5 Desember dengan Pameran Luxury Batik Indonesia dan Lomba Pemilihan Putra-Putri Batik Solo Batik Fashion. Acara pameran ini bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian UKM Solo bangkit dan berdiri kuat kembali setelah adanya Pandemi Covid19 yang melanda seluruh dunia sejak bulan April 2020 tahun lalu.

Stand Pameran ada 13 stand Luxury Wastra Batik Solo dan 1 stand Galery Batik. Pesertanya adalah pengusaha batik berkualitas tinggi dan memiliki prestasi batik terbaik yaitu Mutiara Batik, Batik Dewi Arum, Adibusana Batik, Sendra Batik, Wulanik Batik dan lain lain.

Sedangkan untuk Show sore diisi oleh UKM SOLO perhari 5 ukm jadi ada 10 UKM terpilih, Untuk Show Malam diisi oleh IKAPERSATA, APPMI JATENG, APPMI JATIM, APPMI JOGJA & Daerah lainnya. “Ada juga show Anak-anak yang akan tampil di acara sbf 13 dari Solo, Jogja dan Jawa Timur sejumlah 6 slot. Jumlah desainer yang akan tampil sebanyak 36 slot,” terangnya.

Total ada 55 desainer. Adapun yang akan tampil dari SOLO adalah Owens Joe, Djongko Raharjo, Rorry Wardana, Joko SSP, Joko Widiarto, Uzy Fauziah, Tuty Adib, Robin Karebet,Ucok M Sirait, Astuti Kharisma dan Bella Quarta, Thea Adjeng, Sidiq Abdulah, Budi Hans dll. Dari Jogja ada Sugeng Waskito, Vitalia Pamoengkas, Zam Warir, Tari Made by Sakamade boutique, Dadang Koedarto,Brahm Italia, Ani Seto, Juve, Anis, Dariel Gunawan, ndalem AW.

Untuk yang dari Jawa Timur ada Likur Atelier, Zriel Clothing, Meiti Hanna juga ada Ratu Geisha Sulawesi Tengah, Identix Batik Semarang, UKM dari Batik Dwi Hadi Solo, Adibusana Sukoharjo, Rizkya Batik Jakarta, Batik Kembar Masaran, Suci Alya Sragen dan Galery Batik Owens Joe.

Seremonial pembukaan dengan moment Walikota Solo dan Istri membatik Motif Solo Batik Fashion 13 dengan menorehkan angka 13 sebagai tanda dimulainya acara SBF tahun ini, Kain Solo Batik Fashion 13 dipamerkan ke Publik dengan nama motif Cinta SBF 13.

Setelah itu parade 13 desainer dalam kekuatan membangun pesona LUXURY FOR THE WORLD. Dan dilanjutkan dengan LIVE-TIME ACHIEFMENT GO TIK SWAN SANG PANEMBAHAN HARDJONAGORO dengan 10 kain ekslusive dengan harga @10jt.

Dilanjutkan Fashion show Sang Maestro Keroncong Indonesia dengan Batik Walangkekek by Ibu HJ. Waldjinah sebanyak 8 baju. Setelah selesai dilanjutkan semua undangan menuju Stand Pameran Luxury Batik Tulis Solo di samping panggung SBF13.

Untuk Acara SBF13 tahun ini mempersembahkan Tari Gambyong Pareanom dengan jumlah 13 penari dari ISI SOLO sebagai hiburan pembukaan. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.