Suzuki New Carry Dorong Omset UMKM Naik

LINTAS1, SOLO – Mobil pick up merupakan mobil yang memiliki banyak kegunaan atau multifungsi terutama untuk menunjang kegiatan perekenomian. Pada umumnya mobil pick up berperan penting dalam mendistribusikan barang-barang produksi dari produsen atau penjual pertama kepada penjual-penjual lain dan juga langsung ke tangan pembeli. Selain berfungsi untuk mengantarkan barang, kelegaan ruang mobil pick up juga dapat dimanfaatkan untuk berjualan barang dagangan.

Berjualan dengan menggunakan mobil pick up kini menjadi metode atau cara berjualan yang kini banyak dilakukan pedagang, berdagang menggunakan pick up memiliki keuntungan yaitu dapat berpindah-pindah tempat sehingga menjangkau pembeli yang lebih luas dan mampu membawa barang dagangan jauh lebih banyak.

Mobil jenis ini sangat mendukung para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan bisnis usahanya. Mobil pick up mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut dan tidak perlu lagi memikirkan biaya sewa ruko ataupun membuat ruko sendiri.

Beberapa tahun belakangan semakin banyak orang membeli mobil untuk digunakan dalam berbisnis atau usaha. Suzuki Carry Pick Up sudah dipercaya puluhan tahun menjadi teman perjalanan para pengusaha mikro kecil menengah di Indonesia, termasuk salah satunya di kota Solo.

Salah satu pelaku usaha kecil dan menengah yang sudah menggunakan Suzuki Carry Pick Up sebagai kendaraan operasional adalah FX. Murdiyanto, atau akrab di sapa Santo merupakan pelaku usaha florist terkenal di Solo, merupakan generasi ketiga Rumah Kembang Pawiroredjo.

Sejalan dengan prinsip produktivitas, pertama yang Santo lakukan terhadap produk transportasi pendukung bisnisnya yakni bran Suzuki, selain selalu mengutamakan efisiensi dan efektivitas yang selalu diterapkan melalui penggunaan waktu dan pemilihan sumber daya yang tepat dan terukur pada setiap tahapan produksinya. Guna mendukung produktivitas usahanya, Santo menggunakan Suzuki Carry Pick Up sebagai kendaraan operasional.

Diakuinya, sudah menggunakan mobil-mobil Suzuki sejak awal memulai usaha dan saat ini memiliki unit Suzuki Carry Pick Up yang mendukung kegiatan usaha sehari-hari, juga dua unit terbaru Suzuki New Carry Pick Up. Selain memiliki performa tangguh dan mesin irit, kata Santo, onderdil Carry Pick Up mudah didapat dan perawatannya pun cukup mudah sehingga menjadi salah satu aset yang menguntungkan bagi yang menjalankan usaha nya.

Suzuki New Carry Pickup saat digunakan untuk mengantar pesanan karangan bunga

Kepercayaannya terhadap produk Suzuki kian kuat, karena tidak kurang dari 100 kilometer lebih dalam tiap hari rute yang dilaluinya, mulai dari ‘kulakan’ bunga sebagai bahan dasar di daerah Bandungan Ambarawa hingga mengantar ke pemesan karangan bunga.

“Kami senantiasa memastikan bahwa tiap bunga yang akan kami kirim masih dalam keadaan segar. Selain itu kami juga mempunyai pekerja yang sudah ahli dalam bidang merangkai bunga baik itu karangan bunga papan ataupun rangkaian buket,” kata Santo

Rumah Kembang Pawirorejo Solo berkomitmen menjaga kualitas bunga dengan bahan baru dan segar, menjaga amanat dan kepercayaan customer dengan melayanin sesuai permintaan pesanan yang di inginkan. Kepuasan pelanggan menjadi prioritas utamanya.

Sementara di masa pandemi justru usahanya meningkat, karena semakin banyaknya pesanan karangan bunga duka cita, meskipun masa ‘panen’ usahanya bergeser.
Ia melanjutkan New Carry Pick Up sebagai lini produk teranyar Suzuki dirancang untuk mendukung mobilitas bisnis pelanggan Suzuki.

Sedangkan tren penjualan mobil Suzuki varian pickup di kota Solo terus mengalami kenaikan, dari total keseluruhan penjualan unitnya PT Suzuki Indonesia Utama Solo 75% nya di dominasi pickup.

“Kalau 5 tahun yang lalu ertiga nya lumayan banyak, prosentasenya pickup 50 dan passanger 50,” ujar Ayu, Marketing PT SIU.

Dalam mempertahankan perolehan pasarnya, kata Ayu, pihaknya memberikan program diskon dan kredit yang menarik. Selain memaksimalkan peranan sosial media di era digital juga melakukan training produk knowladge ke sales.

Menanggapi Suzuki menjadi salah satu pendukung sektor bisnis untuk mencapai omsetnya, Ayu menambahkan Suzuki Carry Pick Up tumbuh dari pembuktian positif yang dirasakan para konsumen dan kemauan produsen untuk melangkah lebih jauh dalam mengembangkan usahanya.

Dan testimoni terhadap keunggulan Carry Pick Up seperti yang telah diungkapkan oleh Santo menunjukkan bahwa konsep ILMU memiliki arti Irit bahan bakar & perawatan, Lama umur pakai, Muat banyak, dan Untung di ujung yang diterapkan pada Carry Pick Up dapat dibuktikan pada setiap perjalanan usaha yang dilaluinya.

Sehingga keuntungan yang dirasakan dalam menggunakan Carry Pick Up juga bisa dirasakan oleh banyak lagi pengusaha.

Suzuki Carry Pick Up
Mobil produksi Suzuki sejak dulu dari pertengahan 1980 an ini menjadi mobil pick up yang sangat popular dan mempunyai komunitas yang cukup besar di tanah air. Suzuki Carry lawas mempunyai tampilan yang everlasting atau tak termakan zaman dan sering kali menjadi bahan modifikasi pagi para penggemarnya.

Pick up ini juga cukup popular digunakan oleh kalangan pengusaha UMKM seperti pengusaha tahu bulat, pedagang bunga, pedagang sayur, pakaian, hingga perabot rumah tangga. Dan satu lagi, bisa mendesain mobil ini menjadi tempat berjualan yang cantik seperti foodtruck dengan menambah biaya melakukan modifikasi sendiri.

Memasuki era New Normal, sektor otomotif diharapkan menjadi industri yang mendorong pergerakan ekonomi. Salah satunya di segmen kendaraan niaga. Para pengusaha kecil dan menengah sebagai pengguna kendaraan niaga menjadi barometer ekonomi rakyat. Menggeliatnya kembali pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat terlihat dari pertumbuhan penjualan kendaraan niaga.

“Kebutuhan akan mobil niaga ringan seperti New Carry tetap ada meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang, terutama dari pengusaha UMKM. Ini dibuktikan dengan meningkatnya kontribusi New Carry Pick-Up terhadap total penjualan nasional dari 8 persen pada periode Januari-Mei 2019 menjadi 10 persen di periode yang sama tahun ini. Kami optimistis kontribusi segmen komersial akan terus meningkat,” ujar 4W Marketing Director PT SIS, Dony Saputra.

Selain memenuhi kebutuhan pengusaha UMKM, New Carry Pick-Up juga banyak digunakan sebagai kendaraan distribusi, terutama distribusi barang-barang ke masyarakat yang aktivitasnya lebih terbatas selama pandemi. Inilah yang mendorong peningkatan kontribusi New Carry Pick-Up terhadap total penjualan.

Pada periode Januari-Mei 2020, total penjualan ritel Carry Pick-Up tercatat sebanyak 15.021 unit atau berkontribusi sebesar 50 persen. Kenaikan juga terjadi pada pangsa pasar New Carry Pick-Up. Rajanya Pick-Up ini mencatat kenaikan pangsa pasar dari 54,5 persen pada periode Januari-Mei 2019 menjadi sebesar 59,4 persen pada periode Januari-Mei 2020.

“Raihan ini membangun optimisme kami untuk terus berupaya menggerakkan kembali perekonomian Indonesia. Kami harap wabah ini cepat berlalu dan kami akan terus memberikan terbaik dalam fase pemulihan ini,” kata Donny.

New Carry Pick Up Makin Ganteng, Rezeki Makin Kenceng !
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan New Carry Pick Up dengan tampilan terbarunya. Acara peluncuran kendaraan niaga andalan Suzuki ini dilaksanakan melalui saluran Youtube resmi Suzuki Indonesia.

New Carry Pick Up dengan 2 pengembangan baru yang diharapkan bisa semakin memenuhi kebutuhan konsumen segmen kendaraan komersial. Merespon berbagai masukan selama ini dari penggunanya, Suzuki meluncurkan versi facelift dari pick up larisnya, yakni Suzuki New Carry.

Suzuki facelift mengalami sejumlah pembaruan. Antara lain, pada eksteriornya seperti grill depan, dengan desain yang membentuk U-shape terdiri dari dua bilah. New Carry facelift juga dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Menurut Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, Suzuki menjadi kontributor penjualan nasional tertinggi dari seluruh kendaraan Suzuki di Indonesia.

Sepanjang November 2021 New Carry Pick Up yberkontribusi 67,7% terhadap wholesales dan 62,5% terhadap ritel nasional Suzuki.

Sementara, secara nasional, New Carry berkontribusi sebesar 57,9 persen terhadap total penjualan Suzuki sepanjang 2021 dan 57,6 persen untuk penjualan wholesales.

Menurut Managing Director 4W Sales & Marketing PT SIS, Hideaki Tokuda, jika penyegaran produk di awal tahun ini merupakan komitmen Suzuki untuk terus menghadirkan beragam pilihan kepada konsumen.

Melalui peluncuran produk, baik baru maupun penyegaran, bisa selalu sesuai dengan kebutuhan konsumen, termasuk peluncuran tampilan baru New Carry Pick Up lebih kokoh, tangguh, dan aman.

Tampilan baru New Carry Pick Up terlihat dari ubahan desain front grille dan bumper yang kini mengadopsi bentuk kapak yang kami sebut Hatched Axe. Pengaplikasian garis desain Hatched Axe yang tegas memperkuat karakter New Carry Pick Up sebagai kendaraan niaga yang kokoh dan tangguh untuk digunakan di berbagai medan.

Selain perubahan pada sisi eksterior, untuk menunjang faktor keamanan, New Carry Pick Up yang dipasarkan mulai Januari 2021 sudah dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang terletak di bawah glove box.

Peluncuran New Carry Pick Up secara online

APAR yang digunakan adalah tipe dry chemical powder dan bersertifikat SNI sehingga efektif memadamkan kebakaran tanpa menimblkan dampak terhadap sistem kelistrikan di sekitarnya. Pengadaan APAR dalam New Carry Pick Up – dan semua mobil produksi Suzuki lainnya – juga merupakan upaya Suzuki dalam mendukung regulasi pemerintah dalam industri otomotif.

Penyegaran pada New Carry Pick Up semakin meningkatkan kualitas mobil yang dijuluki Rajanya Pick Up ini. Perubahan desain front grille dan bumper serta adanya APAR menyempurnakan daftar fitur unggulan yang sudah ada seperti dimensi bak yang luas, kabin yang lega, teknologi terkini, hingga penggunaan mesin K15B-C yang irit dan bertenaga.

Bak New Carry Pick Up berukuran panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm sehingga mampu mengangkut muatan seberat 1 ton. Agar muatan tetap aman selama perjalanan, pelanggan dapat memanfaatkan pengait yang ada di sekeliling bak untuk mengikatkan barang. Pengait berjumlah 12 pada tipe FD (Flat Deck) dan 22 pada tipe WD (Wide Deck).

Selain itu, terdapat Head Unit 1 Din, Split Seat dengan jok yang tebal, serta 6 tempat penyimpanan barang (termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok) di varian AC dan 10 tempat (termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok) di varian non-AC yang membuat ruang kabin semakin nyaman dan lega untuk tiga orang. New Carry Pick Up juga dilengkapi fitur Immobilizer, Air Conditioner, Electric Power Steering (EPS), dan Sliding Seat.

Semua keunggulan New Carry Pick Up tersebut hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu putih, silver, dan hitam. Harga On the Road (OTR) Suzuki New Carry Pick Up tahun 2021 untuk Jakarta dibanderol bervariasi mulai dari Rp152.500.000 untuk tipe Flat Deck, Rp161.000.000 untuk tipe Flat Deck AC/PS, Rp153.500.000 untuk tipe Wide Deck, dan Rp162.000.000 untuk tipe Wide Deck AC/PS.

Sebagai kendaraan yang sudah menemani kisah sukses jutaan pengusaha Indonesia sejak tahun 1976, berharap penyegaran New Carry Pick Up ini menjadi awal yang baik mengawali tahun 2021 dengan semangat baru untuk menggerakkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.